Minggu, 16 November 2014

CONTOH LAPORAN STUDY KASUS

Assalammualaikum wr.wb..  Apa kabar para pembaca yang budiman ? semoga selalu sehat dan sejahtera ya, kali ini saya akan membagikan tulisan saya yang bertema kan tentang contoh Laporan Study Kasus, yang bukan lain ini adalah tugas kuliah saya. Yuk langsung aja..



                                                                         BAB I
     PENDAHULUAN

Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Belajar adalah perubahan tingkah laku secara relative permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktek atau penguatan yang dilandasi tujuan untuk mencapai tujuan tertentu.
Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita . sedangkang factor ekstrinsik nya adalah ada nya penghargaan, lingkungan yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik.
Hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswi yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indicator atau unsur yang mendukung. Hal itu mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar.
Oleh karena itu, hubungan motivasi belajar bagi anak sangatlah besar pengaruhnya terhadap diri anak untuk dapat belajar dengan baik diperlukan proses dan motivasi yang baik pula. Itulah maka para ahli psikologi memperhatikan soal motivasi yang baik. Dalam hal ini perlu ditegaskan bahwa motivasi tidak pernah dikatakan baik, apabila tujuan yang diinginkan juga tidak baik..
Berdasarkan penelitian melalui studi kasus ini kita sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan,  agar terlebih dahulu mengetahui mengenai motivasi belajar bagi anak itu seperti apa.

Tujuan dan manfaat

1.    Tujuan
Berdasarkan latar belakang studi kasus diatas, tujuan yang ingin kita capai yaitu meliputi:
a)      Untuk mengetahui apa yang dimaksud motivasi belajar?
b)      Mengetahui cara memotivasi anak untuk belajar?
c)      Untuk mengetahui prinsip-prinsip didalam motivasi?
d)     Untuk mengetahui fungsi motivasi dalam pembelajaran disekolah?
e)      Menambah ilmu pengetahuan mengenai meningkatkan motivasi belajar bagi anak?

2.    Manfaat
Berdasarkan tujuan diatas manfaat yang ingin dicapai yaitu:
a)      Mampu memotivasi anak dalam belajar.
b)      Mampu memberikan motivasi belajar bagi anak.
c)      Mampu menanamkan kebutuhan akan belajar terhadap anak melalui motivasi pembelajan disekolah.
d)     Memberikan pengetahuan kepada kita sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan terhadap motivasi belajar bagi anak.

BAB II  
DESKRIPSI MASALAH

A.   DATA ANAK
a.    Nama                                : Muhammad Ramdani
b.    Tempat Lahir                    : Jakarta
c.    Tanggal Lahir                   : 10 Nopember 2003
d.    Kelas                                : III (tiga)
e.    Tempat Sekolah                : SD
f.     Alamat Rumah                : Pasar Genjing
g.    Hobby                              : Bermain

A.    Keadaan Anak
1.      Fisik Anak
Dari peneliian yang saya lakukan terhdap anak yang bernama Dani, dapat saya katakan fisik anak adalah sebagai berikut:
a)      Tidak terdapat cacat pada fisik anak
b)      Mempunyai badan yang gemuk
c)      Rambut lurus dan pendek
d)     Warna kulit hitam
e)      Senang bercanda

2.      Mental Anak
Setelah saya amati anak ini dapat disimpulkan keadaan mental anak ini sebagai berikut:
a)      Anak cukup memiliki sifat pemalu ketika mendapat perintah seperti maju kedepan.
b)      Memiliki jiwa yang kuat meski sudah dua kali tidak naik kelas.
c)      Anak kurang percaya diri didalam belajar .

3.      Kelemahan Anak
Berdasarkan hasil penelitian yang telah saya lakukan anak ini memiliki kelemahan didalam belajar sebagai berikut:
a)      Kurangnya minat anak untuk belajar.
b)      Kurang aktif  didalam belajar.
c)      Sulit  untuk tekun didalam mengulang pembelajaran.
d)     Sulit membedakan beberapa huruf seperti b dan d.
e)      Terbiasa membaca dengan menebak seperti kata “bermalam, maka kata yang diucapkannya menjadi “bermain”

4.      Kelebihan Anak
Dapat dilihat kelebihan yang dimiliki anak yaitu pandai berbicara dengan baik. Memiliki teman-teman yang cukup banyak.

B.     Permasalahan Anak
1.      Terhadap diri sendiri
Setelah saya teliti anak ini memiliki permasalahan terhadap dirinya sendiri didalam belajar yaitu kurang percaya dirinya anak didalam belajar ini terlihat ketika ia mengerjakan tugas (PR), anak ini selalu bertanya apakah tugas nya itu sudah benar atau belum dan anak ini juga kadang-kadang kurang yakin akan bisa memahami pelaajaran bahkan meminta isi jawaban. Saat membaca, seringkali membaca dengan menebak-nebak. Karena ia malas ketika harus mengeja bacaan dengan baik. Padahal ia bisa.
2.      Keluarga
Dari beberapa pengamatan yang saya lakukan dapat dikatakan anak ini kurang mendapat motivasi dari orangtua karena kedua orangtuanya terlalu sibuk dengan pekerjaannya sebagai pedagang tas di pasar rumput untuk mencari nafkah. Adapun kakaknya, harus bekerja di pagi hari untuk biaya kuliahnya. Dan selesai bekerja, ia langsung kuliah hingga malam hari. Tapi biasanya, kakak anak ini ini sering membantu mengerjakan tugas di hari libur seperti hari minggu. Namun, tidak membimbing anak ini mencari isi jawaban, melainkan memberitahukannya. Dan hal inilah yang mengakibatkan anak ini kurang mendapatkan motivasi dari keluarga dalam belajar.
3.      Lingkungan
Dari penelitian yang saya lakukan anak ini tidak mempunyai masalah yang serius terhadap lingkungan sekitar yaitu masyarakat, ia senang sekali bermain dengan lingkungan sekitarnya. Tak heran hanya saja anak ini memiliki teman-teman bermain yang cukkup banyak.
4.      Sekolah
Dari penelitain dan keterangan wali kelas anak ini saya simpulkan bahwa permasalahan anak terhadap sekolah ialah
a)      Lambat dalam menerima pelajaran yang disampaikan.
b)      Susah dalam berinteraksi dengan guru.
c)      Agak pemalas.
5.      Dampak
Dari masalah yang ada dampak negatif yang akan terjadi akibat adanya masalah ini adalah anak ini kemungkinan tidak akan naik kelas ke kelas 4.


                                                                  BAB III 
                                                                                 KAJIAN TEORI

A.   Pengertian motivasi
Berbicara mengenai pengertian motivasi sungguh sudah sangat banyak defenisi yang dikemukakan oleh para ahli psikologi, untuk itu mari kita lihat terlebih dahulu arti motivasi secara etimologinya. Secara etimologi, motif atau dalam bahasa .inggris  motive, berasal dari motion yang berarti “gerakan” atau “sesuatu yang bergerak”. Jadi istilah motif erat berkaitan dengan gerak yakni gerakan yang dilakukan oleh manusia atau disebut juga perbuatan atau tingkah laku. Motif disini psikologi berarti rangsangan, dorongan, atau pembangkit tenagauntuk terjadinya suatu tingkah laku. Sebenarnya, motivasi merupakan istilah yang lebih umum yang menunjuk pada seluruh proses gerakan termasuk situasi yang mendorong, dorongan yang timbul dari dalam diri individu, tingkah laku yang ditimbulkannya, dan tujuan atau akhir dari gerakan atau perbuatan. Namun dengan demikian motivasi dapat diartikan sebagai:
1.    Dorongan yang timbul pada diri seseorang, secara disadari atau tidak disadari, untuk melakukan tindakan dengantujuan tertaentu.
2.    Usaha-usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang untuk bergerak melakukan sesuatu kaerana ingin mencapai tujuan yang diinginkan.
Dari pengertian diatas motivasi dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu, motivasi yang datang dari dalam diri seseorang ( internal) dan motivasi yang datang dari luar yang berupa usaha membentuk diri orang lain. Motivasi belajar adalah merupakan factor psikis yang bersifat non-Intelektual, peranannya yang khas adalah dalam hal penumbuhsn gairah, merasa senang dan semangat untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi kuat akan mempunyai banyak energy untuk melakukan kegiatan belajar. Hasil belajar akan optimal kalau ada motivasi yang kuat. Jadi tugas guru serta orang tua untuk mendorong agar siswa dan putra-putri agar pada dirinya tumbuh motivasi.

B.   Tujuan Motivasi
Secara umum dapat dikatakan bahwa tujuan motivasi adalah untuk mengerakan atau menggugah seseorang agar timbul keinginan dan kemauan untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil dan mencapai tujuan tertentu.
Bagi seorang guru tujuan motivasi adalah untuk menggerakan atau memacu para siswa agar mempunyai keinginan dan kemauannya untuk meningkatkan prestasi belajar sehingga tujuan pendidikan sesuai dengan yang diinginkan dan yang diharapkan serta apa yang telah ditetapkan dalam kurikulum sekolah.
Tindakan motivasi akan dapat berhasil jika tujuannya jelas dan disadari oleh orang yang dimotivasi serta sesuai dengan orang yang dimotivasi. Oleh karena itu, setiap orang yang memberikan motivasi harus mengenal dan memahami latarbelakang kehidupan, kebutuhan, dan kepribadian orang yang akan dimotivasi.

C.   Teori-Teori Motivasi
a.    Teori Hedonisme
Hedone adalah bahasa yunani yang artinya adalah kesukaan, kesenangan atau kenikmatan. Hedonism adalah suatu aliran dalam filsafat yang memandang bahwa tujuan hidup yang utama pada manusia adalah mencari kesenagan (hedone) yang bersifat duniawi.
Implikasi dari teori ini adalah bahwa adanya anggapan bahwa semua akan cendrung menghindari hal-hal yang sulit , menyusahkan dan beresiko berat, tetapi lebih suka meakukan sesuatu yang mendatangkan kesenangan baginya. Dan menurut teori ini para siswa harus diberi motivasi secara tepat agar tidak malas dan mau bekerja dengan baik, dengan memenuhi kesenangan.
b.    Teori Naluri
Pada dasarnya manusia mempunyai tiga dorongan nafsu pokok yang hal ini disebut juga dengan naluri, yaitu:
-          Dorongan nafsu (naluri) mempertahankan diri
-          Dorongan nafsu (naluri) mengembangkan diri
-          Dorongan nafsu (naluri) mengembangkan/mempertahan kan jenis
Dengan dimilikinya tiga naluri pokok tersebut, maka kebiasaan, tindakan dan tingkah laku manusia yang diperbuatnya mendapat dorongan dari tiga naluri tersebut. Oleh karena itu menurut teori ini untuk memotivasi seseorang harus berdasarkan naluri mana yang harus dituju dan dikembagkan.
c.    Teori Reaksi Ynag Dipelajari
Teori ini berpandangan bahwa tindakan atau prilaku manusia tidak berdasarkan naluri, tetapi berdasarkan pola tingkah laku yang dipelajari dari kebudayaan di tempat orang itu hidup, oleh kaena itu teori ini disebut pula dengan “teori lingkungan kebdayaa”.
 Menurut teori ini apabila seorang guru akan memotivasi anak didiknya, guru hendaknya mengetahui benar-benar latarbelakang kehidupan dan kebudayaan orang akan dia mberikan motivasi.
d.    Teori Daya Pendorong
Teori ini adalah gabungan dari “teori naluri” dangn “teori reaksi yang dipelajari”. Daya pendorong adalah semacam naluri, tetapi hanyalah dorongan yang luas terhadap suatu arah yang umum. Oleh karena itu menurut teori ini apabila seorang guru ingin memotivasi anak muridnya, harus mendasrkan atas daya dorong yaitu, naluri dan reaksi yang dipelajri dari kebudayaan lingkungan yang dimiliki.
e.    Teori Kebutuhan
Teori ini beranggapan bahwa tindakan yang dilakukan manusia pada hakekatnya adalah untuk memenuhi kebutuhannya, baik fisik, ataupun psikis.  Oleh karena itu menurut teori ini, apabila seorang guru ingin memberikan motivasi kepada anak didiknaya, maka dia harus mengetahui terlebih dahulu apa kebutuhan yang akan dimotivasinya.
Abraham maslow mengemukakan ada lima tingkatan kebutuhan pokok manusia dan kelima tingkatan kebutuhan itu di jadikan pengertian kunci dalam mempelajari motivasi.
1.    Kebutuhan  Fisiologis
Kebutuhan yang harus dipuaskan untuk dapat tetap hidup termasuk makan, rumah, pakaian, udara, untuk bernapas dan sebagainya.
2.   Kebutuhan akan rasa aman
Ketika kebutuhan fisiologis seseorang telah dipuaskan, perhatian, perhatian dapat diarahkan kepada kebutuhan akan keselamatan.
3.    Kebutuhan akan cinta kasih  atau kebutuhan sosial.
4.    Kebutuhan akan penghargaan
5.    Kebutuhan aktualisasi.

D.   Prinsip-prinsip motivasi
Kenneth H.Hower, mengemukakan prinsip-prinsip motivasi sebagai berikut:
1.    Pujian lebih efektif dari pada hukuman.
2.    Motivasi yang berasal dari dalam individu lebih efektif dari motivasi yang dipaksakan dari luar’
3.    Motivasi itu mudah menjalar atau tersebar terhadap orang lain.
4.    Pemahaman yang jelas terhadap tujuan-tujuan akan merangsang motivasi.
5.    Motivasi yang besar erat kaitan nya dengan kreativitas murid dan lain-lain.

E.   Bentuk-bentuk motivasi disekolah
Ada beberapa bentuk dan cara untuk menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar disekolah, yaitu:
1.    Memberi angka.
2.    Hadiah.
3.    Saingan/kompetisi.
4.    Ego-involment.
5.    Member ulangan.
6.    Mengetahui hasil.
7.    Pujian.
8.    Hukuman.
9.    Hasrat untuk belajar.
10. Minat
11. Tujuan yang diakui.

F.    Peranan motivasi dalam belajar dan pembelajaran.
Ada beberapa peranan penting dari motivsi dalam belajar dan pembelajaran , antara lain yaitu:
1.    Menentukan hal-hal yang dapat dijadikan penguat belajar.
2.    Memperjelas tujuan belajar yang hendak dicapai.
3.    Menentukan ragam kendali terhadap rangsangan belajar.
4.    Menentukan ketekunan belajar.

G.   Teknik-teknik motivasi dalam pembelajaran.
Beberapa teknik motivasi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran sebagai berikut:
        1            Pernyataan penghargaan secara verbal.
        2            Menggunakan nilai ulangan sebagai pemacu keberhasilan.
        3            Menimbulkan rasa ingin tahu.
        4            Memunculkan sesuatu yang tidak diduga oleh siswa.
        5            Menjadikan tahap dini dalam belajar mudah bagi siswa.
        6            Menggunakan materi yang dikenal siswa sebagai contoh dalam                                   belajar.
        7            Gunakan kaitan yang unik dan tak terduga untuk menerapkan suatu konsep dan prinsip yang dipahami.
        8            Menuntut siswa untuk menggunakan hal-hal yang dipelajari sebelum nya.
        9            Menggunakan simulasi dan permainan.
    10            Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperlihatkan kemahiran nya didepan umum.
    11            Mengurangi akibat yang tidak menyenangkan dan keterlibatan  siswa dalam kegiatan belajar.
    12            Memahami iklim social dalam sekolah .
    13            Memanfaatkan kewibawaan guru secara tepat.
    14            Mempadukan motif-motif yang kuat.
    15            Memperjelas tujuan belajar yang hendak dicapai.
    16            Merumuskan tujuan-tujuan sementara.
    17            Memberitahukan hasil kerja yang telah dicapai.
    18            Membuat suasana persaingan yang sehat diantara para siswa.
    19            Mengembangkan persaingan dengan diri sendiri.
    20            Memberikan contoh yang positif.

H.   Motivasi Dalam Pembelajaran di kelas
Ada sejumlah indikator untuk mengetahui siswa yang memiliki motivasi dalam proses pembelajaran diantaranya:
1.    Memeiliki gairah yang tinggi
2.    Penuh semangat
3.    Memilki rasa penasran atau rasa ingin tahu yang tinggi
4.    Mampu “berjalansendiri” ketiaka guru meminta siswa mengerjakan sesuatu
5.    Memniliki rasa percaya diri
6.    Memilki konsentrasi yang tinggi
7.    Kesulitan dianggap sebagai tantangan yang harus diahdapi
8.    Memilki kesabaran dan daya juang yang tinggi
Namun,  ada juga sejumlah indikator siswa yang memilaki motivasi rendah yaitu:
1.    Perhatian terhada pelajaran kurang
2.    Semanga juangnya rendah
3.    Mengerjakan sesuatu merasa nenjadi beban yang berat
4.    Sulit untuk bias jalan sendiri bila mendapat tugas
5.    Memilki ketergantungan pada orang lain
6.    Merasa bias berjalan bila “dipaksa”
7.    Memilki konsentrasi yang kurang
8.    Mereka cendrung menjdi pembuatkegaduhan
9.    Mudah berkeluh kesah dam pesimis ketiaka mengahdapi kesulitan.



                                                                           BAB IV 
               RANCANGAN SOLUSI

A.    Proses pembelajaran untuk mengembangkan motivasi belajar anak didik

Untuk membangun dan mengembangkan motivasi belajar siswa ada sejumlah cara yang dapat dilakukan guru didalam kelas diantaranya:
a)      Memberikan ganjaran kepada siswa untuk pekerjaan yang harus diselesaikan
b)      Target pencapaian harus jelas
c)      Kembangkan suasana yang memungkinkansiswa merasa diterima dan didukung
d)     Usahakan merespon pertanyaan siswa secara positif, dan segera memberiakan pujian kepada siswa yang mampu memberikan pertanyaan dengan baik
e)      Jangan memberikan tugas diluar kemampuan siswa
f)       Mengenalkan pada siswa tentang “ketuntasan belajar”
g)      Menciptakan kompetisi yang terlalu intens diantara siswa
h)      Menunjukkan kemampuan munguasai bahan yang diajarkan, antusianisme, dan menarik dalam menyampikan pelajaran.

B.     Pengembangan motivasi anak didik dengan “latihan motivasi diri”
Pengembangan motivasi belajar anak didik dapat dilakukan langsung oleh guru, dapat juga dilakukan langsung oleh siswa itu sendiri dengan menggunakan “ model latihan motivasi diri”. Dengan menggunakan latiahan motivasi diri, siswa dituntut secara aktif untuk mengembangakan motivasi belajarnya sendiri melalui aktivutas sendiri dan memantaunya sendiri.
Mengembangakn motivasi belajar dengan menggunakan model latiahan motivasi diri terdapat enam macam kegiatan yang harus dilakukan siswa, yaitu:
1.   Mengembangkan motivasi intrinsik
Motivasi jenis ini sangat penting untuk dikembangakan dalam proses pembelajaran karena motivasi ini muncul secara alami dari dalam diri siswa. Kegiatan utama yang harus dilakikan adalah.
a)      Menulis tiga alas an mengapa belajar, dengan mempokoskan pada kebutuhan, ras igai tahu, dan kenyamanan dalam belajar.
b)      Memikirkan tentang apa yang akan dilakukan dalam belajar
2.    Membantu motivasi ekstrinsik
Motivasi ektrinsik adalah motivasi yang datang dari luar diri siswa dan tidak seefektif motivasi intrinsik karena didalamnya hanya mencakup tujuan, nilai-nilai, dan minat orang lain yang dapat mempengruhi diri siswa. Oleh karena itu peliharalah alasan motivasi intrinsic dalam pembelajaran.
3.    Mendiskripsikan kegiatan
Kegiatan yang dilakukan siswa disini adalah mendiskripsikan kegiatan apa saja yang dilakukan untuk mengembangkan motivasi belajar. Disini kejujuran sangatlah dituntut agar mendapat hasil yang maksimal. Format deskrifsi kegiatan adalah:

Kembangkan Motivasi (deskripsi kegiatan)
Tanggal :
Adakah urutan-urutan belajar kamu?
Uraikan disini
Berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk melakukan kegiatan ini?
Uraikan disini
Siapa narasumbernya?
Uraikan disini
Apa saja yang dijadikan sumber informasi dalam belajar?
Uraikan disini
Bagaimana saya akan dapat menguasai apa yang saya pelajari?
Uraikan disini
Kapan saya mencatat kemajuan belajar saya dalam belajar?
Uraikan disini
Ganjaran apa saja yang saya berikan pada diri say jika memperoeh kemajuan dalam belajar?
Uraikan disini
Kemana saya harus pergi jika tidak memperoleh kemajuan seperti yang saya inginkan?
Uraikan disini

4.      Memantau dan mendeskripsikan kemajuan kegiatan
Dengan memantau dan mendiskripsikan kemajuan kegiatan ini, siswa akan mengetahui dengan sendirinya sampai dimana kemajuan yang telah di capai serta kekurangan-kekurangan yang masih ada.
5.      Memilih mentor
Dalam mengembangkan motivasi belajar siswa perlu seorang mentor. Mentor ini bukan saja sangat diperlukan oleh siswa yang mengalmi kesulitan dalam latihan mengembangkan motivasi diri saja, tetapi juga diperlukan semua siswa. Untuk memperoleh mentor yang efektif dalam membantu siswa, perlu dikembangkan kreterie menor yang baik. Mentor yang baik adalah mentor yang mempunyai kreteria sebagai berikut:
ü  Menjadi orang yang dipercaya anak
ü  Memahami motivasi anak
ü  Memahamai kegiatan anak
ü  Memberikan dorongan tanpa memberikan penilaian
ü  Mampu memberkan cara-cara mengatasi hambatan
6.      Membuat kesimpulan
Kegiatan terakhir dalam latihan mengembangakan motivasi diri adalah kembuat kesimpulan dari keseluruhan kegiatan yang dilakukan. Dengan kesimpuan ini dapat diketahui sampai dimana keefektifan diri siswa selama berlatih mengembangakan motivasi belajar sendiri.

 DAFTAR PUSTAKA

Sukdinata Syaodih Nana. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Asrori Muhammad. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Walana Prima,2008.
Purwanto Ngalim. Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 200.
Hamalik, Umar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara, 2001.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2007.



Penerapan IT di dalam Perusahaan

Assalammualaikum wr.wb..  Apa kabar para pembaca yang budiman ? semoga selalu sehat dan sejahtera ya, kali ini saya akan membagikan tulisan saya yang bertema kan tentang penerapan IT dalam perusahaan, yang bukan lain ini adalah tugas kuliah saya. Yuk langsung aja..

Proses bisnis dalam perusahaan harus berjalan dengan efektif, untuk menunjang kebutuhan perusahaan akan persaingan yang semakin ketat. Implementasi IT dapat mendukung hal ini. Namun, implementasi IT yang tidak tepat akan menambah beban perusahaan. Oleh karena itu, implementasi IT sebaiknya dirancang sedemikian rupa untuk menciptakan sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan dapat meningkatkan efektifitas proses bisnis yang berjalan. Salah satu implementasi IT yang banyak digunakan dan terbukti dapat meningkatkan efektivitas perusahaan adalah ERP. Berikut ini akan dibahas pengertian ERP, keuntungan dan kerugian ERP, serta implementasi ERP di perusahaan di Indonesia.
Pengertian ERP
ERP (Enterprise Resource Planning) atau dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan Perencanaan Sumberdaya Perusahaan adalah struktur sistem informasi yang digunakan untuk mengintegrasikan proses bisnis dalam perusahaan manufaktur/jasa yang meliputi operasional dan distribusi produk yang dihasilkan. Tujuan dari implementasi ERP adalah menyatukan semua divisi yang ada dalam perusahaan menjadi satu sistem yang dapat dikendalikan secara terpusat. ERP lebih ditujukan pada sistem back-office, dimana sistem ERP tidak bersentuhan secara langsung dengan konsumen.
Pada umumnya, ERP dibangun sebagai sistem berbasis modul yang menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, inventori, invoice, akuntasi perusahaan dan lain sebagainya. Dari modul-modul tersebut, maka aktivitas penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia dapat dikontrol dengan baik dan informasi yang berhubungan dengan aktivitas tersebut dapat diperoleh dengan cepat.
ERP dibagi menjadi tiga modul utama, yaitu modul operasi, modul financial dan akuntansi, dan modul sumber daya manusia. Ketiga modul ini berjalan secara terpisah, sehingga perusahaan tidak harus mengimplementasikan ketiganya secara langsung. Namun, ketiga modul tersebut berhubungan langsung dengan satu database terpusat. Misalnya ketika bagian penjualan menerima pesanan dari konsumen, bagian gudang langsung mengetahui dan mempersiapkan pesanan tersebut. Kemudian bagian akuntansi dapat melihat apakah barang pesanan sudah dikirim atau belum, sehingga ia dapat mempersiapkan tagihan untuk konsumen. Sistem yang seperti ini akan menghemat banyak resource perusahaan, seperti waktu, biaya dan tenaga kerja. Semua orang dalam sistem melihat data yang sama dan akan memperoleh informasi terbaru dari semua divisi dalam perusahaan.
Implementasi ERP membutuhkan persiapan yang matang, karena kesalahan implementasi akan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Tahap paling awal dari implementasi ERP adalah membangun bisnis proses yang baik. Tanpa bisnis proses yang baik, semua sistem informasi berbasis komputer dengan teknik apapun tidak akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan tersebut. Selain itu, kesiapan karyawan akan perubahan sistem merupakan salah satu hal yang harus diperhitungkan. Rancangan ERP yang sempurna tidak akan membantu jika tidak dijalankan dengan baik. Yang harus diingat adalah tidak semua perusahaan membutuhkan ERP dalam sistemnya. Karena proses bisnis setiap perusahaan bersifat unik, sehingga ERP dalam satu perusahaan belum tentu dapat digunakan pada sistem di perusahaan yang lain, atau perbaikan proses bisnis dalam perusahaan cukup untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.
Agar sebuah perusahaan dapat menerapkan konsep ERP dengan baik, setiap aspek dari organisasi, manusia, informasi, dan teknologi harus dipersiapkan dengan baik. Dengan demikian penerapan tata kelola perusahaan yang baik dapat diimplementasikan pada industri sehingga dapat meningkatkan daya saing di pasar.

Gambaran Perusahaan
Indofood adalah perusahaan pemroduksi mie instant terbesar didunia, dengan 14 pabrik termasuk di Indonesia sendiri. Berikut adalah visi dan misi PT Indofood:
Vision
·         Perusahaan Total Food Solutions
Mission
·         Memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan
·         Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi dan teknologi kami
·         Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan
·         Meningkatkan stakeholders' values secara berkesinambungan

Penerapan ERP Pada Perusahaan Indofood
Perusahaan, yang juga beroperasi di China dan Nigeria menjual lebih dari 8 miliarpaket mie instant tiap tahunnya. Disamping beberapa variasi porduk antara lain snack,kecap, bumbu penyedap, makanan bayi dan soft drink.Cakupan bisnis perusahaan Indofood dan peningkatan pasar kedepannya membuat Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan faktor penting dalam kesuksesanperusahaan. Perbedaan varian dari mie instant harus berisi bumbu yang tepat yang diproduksi oleh Food Ingredient Division (FID).Setiap divisi harus menyesuaikan rencana produk (Production Plans) mereka sehinggaakan selalu tersedia segala jenis bumbu yang dibutuhkan oleh berbagai varian dari mie instant. Pada waktu yang sama, mereka harus menjaga agar persediaan digudang seminimal mungkin. Hanya aplikasi ERP yang dapat membuat hal itu dapat diatur dandijadwalkan dengan sebaik mungkin.Dari Perencanaan dan Kontrol Produksi, melalui kebutuhan peramalan dan inteligensibisnis, Indofood mempercayakan SAP R/3 sebagai solusi ERP, SAP Advance Plannerand Optimizer (SAP APO) sebagai solusi Supply Chain Management (SCM) danmySAP Business Intelligence dengan SAP Business Information Warehouse (SAPBW).
            Ketika memilih platform dari system ERP, Indofood melihat 3 buat kriteria antara lainreliability, scalability dan kemudahan manajemen. Dengan melihat criteria itu,terpilihlah IBM iSeries sebagai platform hardware yang digunakan. iSeries memilikikeamanan, skalability dan efisiensi biaya dalam mendukup SAP, dan membantuperusahaan Indofood memaksimalisasi nilai dari solusi SAP.Ketika Indofood memperluas inti dari system SAP R/3 untuk memasukkan SAP BWdan SAP APO, tidak ada yang perlu dipertanyakan lagi untuk mengganti platformserver. Data SAP tersimpan dan diatur oleh IBM BD2 Database Management 
iSeries telah berjalan dengan sangat baik, dan kami memiliki kemampuan dasar dari OS/400. Oleh karena itu, merupakan pilihan logis jika kami tetap mempertahankan teknologi dari IBM ini. iSeries memberikan virtually trouble-free operation, dan memberikan apapun yang kami butuhkan sesuai dengan kriteriakami yaitu scalability, reliability, dan maintainability.
Menyesuaikan Minat Konsumen
Agar mendapatkan efisiensi produksi yang luar biasa dan memaksimalkanpendapatan, Indofood harus dapat jeli melihat keinginan konsumen sebaik mungkin diwaktu yang akan datang. Dengan menggunakan solusi SAP, Indofood dapatmenganalisis transaksi data secara mendetail, untuk melihat perubahan pola yangterjadi dalam minat konsumen dan kemudian merespon secara efektif.“Sebagai contoh, kita dapat menganalisis informasi rasa apa saja yang paling laristerjual di kota Sukabumi atau rasa apa saja yang tidak laku di Sibolga, sehingga kitadapat mengirimkan jenis rasa mie instant yang tepat ditempat yang dituju, sehinggaakan meningkatkan potensi penjualan. SAP memberikan informasi yang mendetaildengan sangat cepat dimana hal tersebut merupakan keuntungan bisnis yang vital.”kata Gunawan.Informasi penjualan memberikan inputan ke dalam SAP APO, dimana ia akanmemberikan informasi berkala pada produk apa saja yang harus di produksi, berapa jumlahnya dan dipabrik mana akan diproduksi
Distribusi Informasi
Sedangkan data yang disediakan oleh SAP R / 3 sistem dan SAP APO sangat pentinguntuk perencanaan produksi dan pengendalian persediaan di bagian operasional,manajemen menengah dan tim eksekutif tidak perlu data transaksi yang mentah.Gunawan mengatakan, “Yang mereka butuhkan adalah informasi mengenaikeseluruhan performa bisnis, arus kas, dan beberapa hal detail operasional. Untuk meningkatkan akurasi maupun ringkasan manajemen yang tepat waktu, kamimengimplementasikan SAP BW pada bulan Juli 2003 Aplikasi tersebut dapat memberikan informasi yang sangat mendetail, sepertipencacahan berapa pak sebenarnya Indomie rasa kari ayam yang terjual di suatu areaselama periode tertentu.
Integrasi Sistem Hilir
Dengan sistem ERP kelas dunia, Indofood telah memulai untuk perencanaan kedepan, bertujuan untuk memperluas operasinya sekaligus meningkatkan efisiensibiaya.“Salah satu tujuan bisnis kami saat ini adalah untuk mengelompokkan pelanggan-pelangan kami dengan lebih akurat, kemudian melayani setiap kelompok sesuaiminatnya masing-masing.” kata Gunawan. “Kami akan bekerja lebih erat dengan paradistributor hingga pengecer. Ini akan memungkinkan kami kami untuk meningkatkanperencanaan kapasitas dan membantu kami meningkatkan efisiensi serta mengurangibiaya.Beberapa distributor Indofood , seperti Indomarco, juga dalam proses pengembangansistem ERP mereka, dan dapat memperpanjang kepada pengecer mereka. Rencananyaadalah untuk mengintegrasikan sistem antara mitra perusahaan supaya memuluskanproses e-commerce.Sudah jelas, bahwa platform komputasi terbuka adalah mutlak diperlukan.untuk mendukung integrasi sistem hilir, yang akan memungkinkan interoperabilitas aplikasitermasuk warisan sistem dan aliran data realtime melalui berbagai sistem ERP.

Pengarsipan Dokumen
Akhirnya Indofood juga melakukan penyederhanaan sistem pengarsipan, denganmenggunakan IBM Content Manager CommonStore untuk SAP. Software inibertindak sebagai pengarsipan manajemen data terpadu dan solusi distribusi,mengintegrasikan dokumen SAP dan non-SAP ke arsip tunggal untuk memaksimalkan efisiensi sistem dan mengurangi biaya administrasi.

 “Dengan menggunakan IBM Content Manager CommonStore untuk SAP, kita mampu mengurangi kebutuhan penyimpanan dokumen kami, sementara tetapmempertahankan kemampuan untuk mengambil dokumen lama seperti laporan pajak tanpa kesulitan”, Gunawan menyimpulkan.

Rabu, 09 Juli 2014

YUK CINTAI BUDAYA MU !

Kemana jati dirimu ? yang kini telah dikuasai oleh  budaya barat.


Indonesia adalah negara yang dikenal sebagai negara yang memiliki kebudayaan yang sangat kaya, tanah yang subur, populasi manusia terbanyak ke-4 di dunia, negara 1000 pulau, berbagai macam bahasa dll. namun di balik semua kelebihan itu kini kebudayaan yang kita bangga-banggakan ini kini sudah mulai pudar, karna masuknya budaya barat yang masuk dan mendarah daging dalam masyarakat indonesia.
mulai dari cara berpakaian, gaya hidup, permainan, lagu dan masih banyak lagi. sesungguhnya masuknya budaya barat ke negara kita ini tidak sepenuhnya memberikan dampak negatif contohnya seperti kemajuan IPTEK di segala bidang, kemajuan ilmu, pendidikan, kesehatan yang bisa kita contoh demi kemajuan dan kebaikan bangsa kita, namun nyatanya dengan hadirnya budaya barat ini menimbulkan suatu keprihatinan yang cukup dalam terhadap kebudayaan yang sekarang ini semakian lama semakin terlupakan oleh masyarakat. 

masihkh anda melihat anak-anak kecil bermain kelereng atau congklak ?


Ya mungkin kita sudah sangat jarang melihat anak-anak bermain congklak seperti gambar di atas, anak-anak zaman sekarang telah terhipnotis dengan teknologi-teknologi super canggih seperti Smatphone, Tab dll. 

Bagi saya sesungguhnya sebuah negara yang kuat adalah negara yang memiliki kebudayaan yang kental dan tidak terpengaruh oleh kebudayaan luar.
Anda harus bangga dengan kebudayaan kita yang sudah di kenal dunia seperti beberapa candi, tarian, dan makanan khas daerah indonesia.

Jika di tarian, dunia sudah sering dengar Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Kecak dari Bali, Tari Saman dari Aceh, siapa yang tidak tahu Rendang makanan khas dari Padang, Sumatera barat yang di nobatkan sebagai makanan TerEnak di Dunia, so ? kita harus bangga dengan kebudayaan yang kita punya yang secara prestasi sangat membanggakan, Lestarikan dan lupakan Habbit atau kebiasaan barat kita dan mulai beralih mencintai Kebudayaan kita yg kaya dan sarat akan keindahannya, Yuk Cintai Budaya mu !!




Minggu, 08 Juni 2014

Konflik Dan Motivasi

Pengertian Konflik
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konflik diartikan sebagai percekcokan, perselisihan atau pertentangan. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih(atau juga kelompok) yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tak berdaya.

Jenis – jenis Konflik
·         Konflik antara atau dalam peran sosial (intrapribadi), misalnya antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi (konflik peran (role))
·         Konflik antara kelompok-kelompok sosial (antar keluarga, antar gank).
·         Konflik kelompok terorganisir dan tidak terorganisir (polisi melawan massa).
·         Konflik antar satuan nasional (kampanye, perang saudara)
·         Konflik antar atau tidak antar agama
·         Konflik antar politik.
·         konflik individu dengan kelompok

Sumber- Sumber Konflik
Faktor- faktor penyebab konflik beraneka ragam, yaitu:
1. Komunikasi: pengertian yang berkenaan dengan kalimat, bahasa yang sulit dimengerti atau informasi yang mendua dan tidak lengkap serta gaya individu manajer yang tidak konsisten.
2. Struktur: Pertarungan kekuasaan antar departemen dengan kepentingan- kepentingan atau sistem penilaian yang bertentangan, persaingan untuk memperebutkan sumber daya yang terbatas, atau saling ketergantungan dua atau lebih kelompok- kelompok kegiatan kerja untuk mencapai tujuan mereka.
3. Pribadi: ketidaksesuaian tujuan atau nilai- nilai social pribadi karyawan dengan perilaku yang diperankan pada jabatan mereka dan perbedaan dalam nilai- nilai atau persepsi.
4. Kelangkaan sumber daya dan dana yang langka. Hal ini karena suatu individu atau organisasi yang memiliki sumber daya dan dana yang terbatas.
5. Saling ketergantungan pekerjaan.
6. Ketergantungan pekerjaan satu arah. Berbeda dengan sebelumnya, ketergantungan pekerjaan satu arah berarti bahwa keseimbangan kekuasaan telah bergeser, konflik pasti lebih tinggi karena unit yang dominan mempunyai dorongan yang sedikit saja untuk bekerja sama dengan unit yang berada di bawahnya.
7. Ketidakjelasan tanggung jawab atau yurisdiksi. Dalam hal tertentu, pada dasarnya orang memang tidak ingin bertanggung jawab, terlebih mengenai hal- hal yang berakibat tidak atau kurang menguntungkan. Apabila hal ini menyangkut beberapa pihak dan masing- masing tidak mau bertanggung jawab maka kejadian seperti ini dapat menimbulkan konflik.
8. Ketidakterbukaan terhadap satu sama lain
9. Ketidaksalingpercaya antara satu orang dengan orang lain dalam organisasi.
10. Ketidakjelasan pola pengambilan keputusan, pola pendelegasian wewenang, mekanisme kerja dan pembagian tugas.
11. Kelompok pimpinan tidak responsitif terhadap kebutuhan dan aspirasi para bawahannya.
12. Adanya asumsi bahwa dalam organisasi terdapat berbagai kepentingan yang diperkirakan tidak dapat atau sulit diserasikan.

Pengertian Motivasi
Motivasi adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi berasal dari kata motif yang berarti "dorongan" atau rangsangan atau "daya penggerak" yang ada dalam diri seseorang.

Teori Motivasi
Teori kebutuhan McClelland]
Teori kebutuhan McClelland dikembangkan oleh David McClelland dan teman-temannya. Teori kebutuhan McClelland berfokus pada tiga kebutuhan yang didefinisikan sebagai berikut:
·         kebutuhan berprestasi: dorongan untuk melebihi, mencapai standar-standar, berusaha keras untuk berhasil.
·         kebutuhan berkuasa: kebutuhan untuk membuat individu lain berperilaku sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya.
·         kebutuhan berafiliasi: keinginan untuk menjalin suatu hubungan antarpersonal yang ramah dan akrab.
Teori evaluasi kognitif
Teori evaluasi kognitif adalah teori yang menyatakan bahwa pemberian penghargaan-penghargaan ekstrinsik untuk perilaku yang sebelumnya memuaskan secara intrinsik cenderung mengurangi tingkat motivasi secara keseluruhan. Teori evaluasi kognitif telah diteliti secara eksensif dan ada banyak studi yang mendukung
Teori penentuan tujuan
Teori penentuan tujuan adalah teori yang mengemukakan bahwa niat untuk mencapai tujuan merupakan sumber motivasi kerja yang utama. Artinya, tujuan memberitahu seorang karyawan apa yang harus dilakukan dan berapa banyak usaha yang harus dikeluarkan.
Teori penguatan adalah teori di mana perilaku merupakan sebuah fungsi dari konsekuensi-konsekuensinya jadi teori tersebut mengabaikan keadaan batin individu dan hanya terpusat pada apa yang terjadi pada seseorang ketika ia melakukan tindakan.
Teori Keadilan
Teori keadilan adalah teori bahwa individu membandingkan masukan-masukan dan hasil pekerjaan mereka dengan masukan-masukan dan hasil pekerjaan orang lain, dan kemudian merespons untuk menghilangkan ketidakadilan.
Teori harapan
Teori harapan adalah kekuatan dari suatu kecenderungan untuk bertindak dalam cara tertentu bergantung pada kekuatan dari suatu harapan bahwa tindakan tersebut akan diikuti dengan hasil yang ada dan pada daya tarik dari hasil itu terhadap individu tersebut.

Perbedaan antara Wewenang, Kekuasaan dan Pengaruh
Pengertian Wewenang

Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.Penggunaan wewenang secara bijaksana merupakan faktor kritis bagi efektevitas organisasi. peranan pokok wewenang dalam fungsi pengorganisasian, wewenang dan kekuasaan sebagai metoda formal, dimana manajer menggunakannya untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.Wewenang formal tersebut harus di dukung juga dengan dasar-dasar kekuasaan dan pengaruh informal. Manajer perlu menggunakan lebih dari wewenang resminya untuk mendapatkan kerjasama dengan bawahan mereka, selain juga tergantung pada kemampuan ilmu pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan mereka.

Pengertian Kekuasaan

            Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku (Miriam Budiardjo,2002) atau Kekuasaan merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruhi (Ramlan Surbakti,1992).

Pengertian Pengaruh

Pengaruh adalah kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok.




Kamis, 01 Mei 2014

Tipe Dan Struktur organisasi

Tipe Organisasi

1. Struktur organisasi lini
Struktur organisasi ini,  menggambarkan secara jelas wewenang dari atasan yang digariskan secara vertikal kepada bawahan. Begitu juga sebaliknya, tanggung jawab dari bawahan akan diberikan secara langsung kepada atasan yang memberi perintah. Organisasi lini banyak dipakai oleh organisasi yang masih kecil, dengan jumlah karyawan sedikit dan spesialisasi pekerjaan masih sederhana.

2. Struktur Organisasi Fungsional
Pada struktur organisasi fungsional awalnya diciptakan oleh F.W.Taylor. Konsep struktur ini asal berasal dari adanya pimpinan yang tidak mempunyai bawahan secara jelas dan setiap atasan mempunyai wewenang dalam memberikan perintah kepada setiap bawahan, sepanjang masih ada hubungan terhadap fungsinya. Jadi, setiap pegawai bisa mempunyai atasan lebih dari satu dan berbeda.

3. Struktur organisasi Garis Dan Staf
Seperti namanya, struktur organisasi ini merupakan metode kombinasi yang di kembangkan oleh Harrington Emerson. Pada umumnya banyak digunakan pada organisasi yang besar, dengan bidang tugas yang beragam dan jumlah karyawan yang banyak sehingga pimpinan tidak bisa bekerja sendiri, tapi memerlukan bantuan staf. Staf disini merupakan orang yang ahli dalam bidang tertentu untuk memberikan nasihat pada pimpinan pada bidang tersebut.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi bisa didefinisikan merupakan salah satu mekanisme-mekanisme secara formal tentang pengolahan dari pengertian organisasi itu sendiri. Struktur organisasi mencakup unsur-unsur seperti spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau desentralisasi dalam pembuatan keputusan dan ukuran satuan kerja. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembuatan struktur organisasi :
Strategi organisasi pencapaian tujuan.
Perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi output akan membedakan bentuk struktur organisasi.
Kemampuan dan cara berpikir para anggota serta kebutuhan mereka juga lingkungan sekitarnya perlu dipertimbangkan dalam penyusunan struktur perusahaan.
Besarnya organisasi dan satuan kerjanya mempengaruhi struktur organisasi.

Sabtu, 05 April 2014

Pengertian Organisasi dan Metode

Asslammualaikum.Wr.Wb
Hai para pembaca yang budiman, Apa kabar semua ? semoga slalu sehat selalu ya, Kali ini saya akan berbagi ilmu atau memposting yang merupakan juga tugas kampus saya. Kali ini saya akan membahas tentang organisasi dan metode, langsung aja yuu, Berikut Ulasannya..


Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda.Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode,lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
·         Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
·         James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·         Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
·         Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan..
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran. 
Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.

Secara etimologis, metode berasal dari kata 'met' dan 'hodes' yang berarti melalui. Sedangkan istilah metode adalah jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Sehingga 2 hal penting yang terdapat dalam sebuah metode adalah : cara melakukan sesuatu dan rencana dalam pelaksanaan.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi Metode menurut para ahli:

ROTHWELL & KAZANAS
Metode adalah cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi


 TITUS
Metode adalah rangkaian cara dan langkah yang tertib dan terpola untuk menegaskan bidang keilmuan.

 MACQUARIE
Metode adalah suatu cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu

 WIRADI
Metode adalah seperangkat langkah (apa yang harus dikerjakan) yang tersusun secara sistematis (urutannya logis)

 DRS. AGUS M. HARDJANA
Metode adalah cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai

Nah itu tadi tulisan saya tentang organisasi dan metode semoga bermanfaat bagi para pembaca. Kurang dan lebih nya mohon maaf. Terima Kasih